Senin, 22 Agustus 2016

Inilah 10 Tempat Wisata di Jogja yang Ramai Dikunjungi

Inilah 10 Tempat Wisata di Jogja yang Ramai Dikunjungi

Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata menarik dan populer. Apa saja tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi?

1. Candi Prambanan


Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi karena Candi Prambanan menjadi kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan juga memiliki relief yang terukir mengelilingi candi serta berisi kisah Ramayana dan Krishnayana. Candi Prambanan berada sekitar 17 KM dari pusat kota Yogyakarta. Jika Anda tak membawa kendaraan pribadi, untuk sampai di Candi Prambanan Anda bisa menaiki bus umum dan turun di halte Prambanan, jadi cukup mudah menuju Candi Prambanan.

2. Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis
Pesona Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling populer di Yogyakarta, sehingga Pantai Parangtritis menjadi salah satu tempat wisatawan di Yogyakarta yang harus Anda kunjungi. Berjarak sekitar 25 KM dari pusat selatan kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terletak di tepi Samudra Hindia sehingga memiliki jenis ombak serta arus yang lumayan besar dan kuat. Keunikan Pantai Parangtritis berada pada bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai. Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda, Anda bisa coba bermain paralayang di sekitar Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis.

3. Jalan Malioboro


Jalan Malioboro sangatlah terkenal
Jalan Malioboro

Malioboro merupakan sebuah nama jalan yang ada di Yogyakarta. Jalan Malioboro sangatlah terkenal dan menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi, bahkan untuk sekedar berfoto di tiang Jalan Malioboro saja kita harus mengantri terlebih dahulu. Ternyata Jalan Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta yang mempunyai arti karangan bunga. Lalu, Apa yang membuat Jalan Malioboro begitu populer?

Jalan Malioboro akan memberikan pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tak ada habisnya. Saat siang hari, di sepanjang Jalan Malioboro akan ada banyak sekali penjual pakaian, tas, gantungan kunci, batik, kerajinan tangan, aksesoris, tas dan barang unik lainnya yang dibandrol dengan harga murah. Jika malam tiba, anda akan melihat banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di pesisir Jalan Malioboro.

Hal yang paling menarik di Jalan Malioboro, adanya orang yang berpakaian unik seperti prajurit, zombie, pocong, dan lain-lain. Anda bisa berfoto bersama mereka dengan dana sukarela.

4. Goa Jomblang


Goa Jomblang merupakan sebuah goa wisata
Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan sebuah goa wisata yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang adalah goa bersudut vertikal yang berisi sebuah hutan purba di dalamnya. Selain itu, dengan datang ke Goa Jomblang saat pukul 10 hingga 12 siang, Anda bisa melihat pesona cahaya yang menembus goa dan sering disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dari Goa Jomblang membuatnya menjadi tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi.

5. Arung Jeram Citra Elo


Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo menjadi salah satu wisata arung jeram yang ada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo merupakan tempat wisata yang paling menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau pemula karena arusnya tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan sungai lain di Yogyakarta. Selain itu wisata Arung Jeram Citra Elo juga bisa dimainkan kapan saja, jika dilihat dengan sungai lain yang rata-rata hanya bisa digunakan pada saat musim penghujan saja.

6. Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata Yogyakarta
Bangunan Bersejarah Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata Yogyakarta yang ramai dikunjungi. Keraton Yogyakarta merupakan salah satu bangunan bersejarah dari kesultanan Yogyakarta yang disinggahi oleh Sultan beserta keluarganya. Selain bisa melihat arsitektur kesultanan kuno, anda juga bisa mengunjungi museum yang mempunyai banyak koleksi barang milik kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah pemberian raja asal Eropa. Apabila ingin mengunjungi tempat wisata ini, disarankan datang lebih pagi, karena Keraton Yogyakarta hanya buka dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang saja.

7. Kebun Binatang Gembira Loka


Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka merupakan sebuah tempat wisata keluarga di Yogyakarta dengan beragam koleksi hewan yang ada di dunia. Selain bisa menyaksikan dan berinteraksi dengan beragam jenis hewan seperti kebun binatang pada umumnya, Di sini juga tersedia wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka. Wahana permainan yang disajikan Kebun Binatang Gembira Loka yaitu sepeda air, kolam tangkap ikan, perahukayuh, ATV, menunggang gajah, menunggang onta, serta wahana lainnya yang seru untuk dimainkan. Untuk tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka dikenai harga 25,000 Rupiah per orang.

8. Gunung Merapi


Gunung Merapi adalah salah satu gunung
Gunung Merapi Yogyakarta

Gunung Merapi adalah salah satu gunung yang menjadi destinasi wisata di Yogyakarta. Gunung Merapi merupakan gunung yang paling populer di Yogyakarta, dan menjadi salah satu lokasi favorit para pecinta alam yang senang mendaki gunung sekaligus menikmati pesona indahnya matahari terbit di puncak gunung. Harga tiket masuk di Gunung Merapi sekitar 3,000 Rupiah per orang, untuk destinasi lain yang ada di gunung merapi bisa dikenai biaya yang berbeda.

9. Candi Borobudur


Candi Borobudur yang berada di Magelang
Candi Borobudur

Candi Borobudur yang berada di Magelang merupakan salah satu tempat wisata di sekitar Yogyakarta. Sudah dikenal di berbagai belahan dunia, Candi Borobudur menjadi sebuah candi Buddha yang paling besar di dunia. Berjarak sekitar 40 KM dari Yogyakarta, Candi Borobudur sampai saat ini masih sering dikunjungi oleh biksu yang berziarah karena Candi Borobudur merupakan sebuah monumen alam semesta yang menjadi tempat suci. Untuk bisa masuk ke area Candi Borobudur, Anda haruskan memakai sarung yang dipinjamkan saat di pintu masuk Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah candi yang memiliki relief dengan patung Buddha terbanyak di dunia. Walaupun tidak berada tepat di Jogja, Candi Borobudur selalu dikunjungi wisatawan yang sedang berlibur di Jogja.

10. Istana Air Taman Sari


Inilah 10 Tempat Wisata di Jogja yang Ramai Dikunjungi
Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari menjadi sebuah tempat rekreasi dan juga meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada masa dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari difungsikan juga sebagai benteng pertahanan yang melindungi dari serangan musuh. Saat ini, Istana Air Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang populer karena keunikan nya. Udara di kawasan Istana Air Taman Sari juga terasa sejuk, karena memiliki banyak kolam buatan yang disertai dengan kebun bunga nan harum. Untuk tiket masuk ke Istana Air Taman Sari dikenai harga sekitar 5,000 Rupiah per pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar